Halaman

Minggu, Maret 04, 2012

PUBLIC RELATIONS AND HANDLING COMPLAINT


Latar Belakang

Dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas, menunjukkan bahwa siapa yang menguasai informasi, maka dia akan memenangkan persaingan. Untuk itu pemahaman dan penerapan aktivitas Public Relations di berbagai organisasi, apakah itu di lingkungan lembaga maupun perusahaan amat diperlukan sebagai upaya memperluas publikasi pemasaran dan promosi.
Aktivitas Public Relations adalah jasa yang relatif baru di Indonesia, namun dari waktu ke waktu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan, semakin banyak para pimpinan lembaga dan perusahaan yang membutuhkan pemahaman dan penerapan aktivitas Public Relations secara baik dalam organisasinya. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya komunikasi melalui aktivitas Public Relations semakin tinggi. 
Public Relations Officer, dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, baik itu pada suatu lembaga atau perusahaan, seringkali dihadapkan dengan berbagai kesulitan dalam menangani masalah yang berkaitan dengan keluhan-keluhan yang dilemparkan para pelanggan atau konsumen pemakai barang ataupun jasa suatu lembaga atau perusahaan, sehubungan dengan ketidakpuasan mereka setelah menggunakan barang ataupun jasa. Untuk menangani masalah yang muncul antara pelanggan atau konsumen atau publik yang berhubungan dengan pihak lembaga atau perusahaan, perlu kiranya pihak lembaga atau perusahaan memahami dan melakukan kecepatan antisipasi bagi kepentingan dan keuntungan kedua belah pihak. Dalam konteks ini, hal terpenting yang perlu dipahami pihak lembaga atau perusahaan adalah menerapkan keterampilan komunikasi Public Relations.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan, kecakapan, dan keterampilan komunikasi public relations, disamping juga untuk memperlancar penanganan keluhan-keluhan pelanggan, konsumen atau publik yang berhubungan dengan organisasi baik itu di lingkungan perusahaan swasta, instansi pemerintah, ataupun di berbagai lembaga, maka berikut ditawarkan suatu program kegiatan pelatihan tentang “Public Relations and Handling Complaint”

Tujuan.

  • Meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta pelatihan tentang falsafah, essensi, fungsi, tujuan, maupun aktivitas public relations, baik secara teoritis/konseptual maupun secara praktik/aplikasinya. 
  • Menjadikan peserta pelatihan terampil dalam menemukan fakta-fakta, merencanakan, memprogramkan, mengkomunikasikan, serta mengevaluasi kegiatan public relations bagi kepentingan lembaga atau perusahaan, maupun kepentingan publiknya. 
  • Untuk membantu pemimpin atau karyawan operasional dalam memahami, mendalami, dan menghayati konsep-konsep komunikasi public relations yang berdasarkan hasil penelitian telah menunjukkan langkah-langkah yang efektif bagi keberhasilan pihak lembaga atau perusahaan dalam menangani keluhan-keluhan pelanggan. 
  • Untuk meningkatkan kualitas komunikasi public relations di berbagai kalangan manajemen maupun karyawan operasional, sehingga dengan kualitas komunikasi public relations yang baik diharapkan dapat pula berimplikasi bagi keuntungan di pihak lembaga atau perusahaan di satu sisi dan di sisi lain kepuasan pelanggan, konsumen serta keuntungan publik dapat pula tercapai.

Tidak ada komentar: